Pages

8 Tren Teknologi 2010

Teknologi menjadi salah satu dari bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini. Bahkan, keberadaannya sangat memengaruhi gaya hidup manusia. Perkembangan teknologi juga tak akan jauh dari kebutuhan manusia. Oleh karena itu, ada 8 teknologi yang masih dan akan menjadi tren di tahun depan.

Pertama adalah webcasting services. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menghadirkan orang dalam bentuk virtual. Secara tidak langsung, orang bisa hadir atau bertemu dalam satu kesempatan, misal acara pernikahan, atau kematian. Dengan teknologi ini, memungkinkan setiap orang dapat hadir pada satu waktu. Layanan webcasting semacam ini memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk me-share kehidupannya secara lebih luas.

Kedua, teknologi life-casting. Semacam video call yang saat ini telah ada. Dengan layanan high speed 3G, teknologi ini akan semakin mendekatkan pengguna yang satu dengan lainnya. Ketiga, video games. Permainan ini belum memudar masanya di masa depan. Misalnya, Sony segera akan meluncurkan Playstation Motion Controller, sebuah tongkat untuk permainan video games.

Teknologi keempat adalah GeoEstimator. Teknologi ini menggunakan satelit dan fotografi udara. Mengapa? Sebab geoestimator digunakan untuk mengukur kepadatan bangunan sebuah kota, dan sebagainya. Geoestimator banyak digunakan oleh para kontarktor, perusahaan asuransi, dan para estimator.

Selanjutnya, content aggregator. Teknologi ini tidak seperti youtube yang bisa mempublish dan menyebarkan video, tapi juga bisa mempublish foto, dokumen, bahkan website kita. Teknologi ini jauh lebih bersifat visual daripada teknologi sebelumnya. Ini bukan hanya teknologi storage service, tetapi sosial interaktif. Salah satu yang telah menerapkannya adalah Box.net.

Pernah dengar PokenZoo? Ini akan menjadi teknologi selanjutnya yang tren di 2010. PokenZoo merupakan teknologi kartu bisnis. Bagi para pebisnis atau pengguna dengan banyak relasi, PokenZoo bisa menjadi pilihan teknologi ke depan. Mengapa? Karena ini semacam bussiness card yang bisa dibawa kemana saja. Dia adalah teknologi bussiness card yang menggantikan kertas. Tidak perlu bertukar kartu nama, kita hanya perlu melakukan kontak dengan pengguna PokenZoo yang lain, maka data kita bisa langsung ditransfer. Mudah bukan?

Selain itu, teknologi berikutnya adalah chat with faceless minions. Ini teknologi chatting dengan ribuan orang di belahan bumi manapun. Ini menjadi teknologi sosial interaktif yang dinilai akan tren di 2010. Terakhir adalah teknologi gadget. Gadget tidak ada matinya. Alat yang satu ini masih dan akan terus berkembang di tahun depan. Tentunya dengan kompleksitas yang jauh lebih canggih dan menarik. [Ria]

1 komentar:

{ bayusp } at: 26 Desember 2010 pukul 14.26 mengatakan...

sipp...teknologi selalu berkembang

Posting Komentar